Indonesia Calonkan Diri Kembali Sebagai Anggota Dewan IMO


IMO,INDONESIADalam rangka penggalangan dukungan bagi pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota Dewan International Maritime Organisation (IMO) Kategori C periode 2009 – 2011, KBRI London menyelenggarakan jamuan makan siang dengan beberapa negara anggota IMO yang tergabung dalam regional grouping, yaitu jamuan makan siang dengan negara-negara Asia – Pasifik (15/10) dan luncheon dengan negara-negara Afrika – Timur Tengah (22/10). Kedua jamuan makan siang tersebut diadakan di kediaman Duta Besar RI, Wisma Nusantara dengan Duta Besar RI, Yuri O. Thamrin bertindak selaku tuan rumah.
Acara jamuan makan siang dengan negara-negara Asia-Pasifik dihadiri oleh 18 pejabat perwakilan dari  Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Korea Selatan, Jepang, China, Papua New Guinea, India, Cook Islands, Myanmar, dan Vietnam. Sedangkan untuk acara luncheon dengan negara-negara Afrika – Timur Tengah dihadiri oleh 20 pejabat perwakilan dari Iraq, Afrika Selatan, Mozambique, Liberia, Nigeria, Sudan, Bahrain, Kuwait, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Tunisia, Ethiopia, Syria, Senegal, Sierra Leon, Algeria, Qatar, Angola dan Uganda.
Dubes RI menyampaikan pencalonan Pemerintah Indonesia pada Dewan IMO Kategori C dan komitmen kuat Indonesia untuk secara aktif memberikan kontribusi positifnya terhadap kegiatan IMO, utamanya dalam meningkatkan maritime security, safety of international shipping serta protection of maritime environment. Selain itu, sebagai sebuah negara kepulauan, dan letaknya yang sangat strategis sebagai jalur pelayaran internasional yang penting, Indonesia memiliki kepentingan yang besar terhadap kegiatan yang dimotori IMO terutama untuk menjaga keamanan wilayah serta meningkatkan kerjasama di bidang keamanan laut untuk mendukung kelancaran perdagangan internasional.

International Maritime Organization adalah sebuah badan khusus dibawah PBB yang beranggotakan 169 negara dan memiliki tugas utama untuk membuat dan mengawasi pelaksanaan peraturan internasional yang menyangkut pelayaran internasional termasuk hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim, hukum, kerjasama teknis, keamanan maritim, dan peningkatan efisiensi pelayaran internasional.

OzePlanet

Sumber: Deplu RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: