Utusan Khusus Presiden AS: Indonesia Aktor Penting dalam Pencegahan Proliferasi Nuklir


depluIndonesia merupakan salah satu aktor penting dalam pencegahan proliferasi nuklir melalui revitalisasi kerjasama internasional. Hal ini disampaikan oleh Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat untuk program Non Proliferasi Nuklir, Duta Besar Susan F. Burk, dalam kuliah umum yang disampaikan kepada para peserta SESPARLU angkatan ke-41 pada 6 November 2009 di Pusdiklat Deplu RI, Jakarta. Duta Besar Burk menambahkan pula bahwa kebijakan Amerika Serikat terhadap non proliferasi nuklir kini lebih dititikberatkan pada diplomasi multilateral pada beberapa fora internasional seperti Dewan Keamanan PBB (UNSC) dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Menurut Dubes Burk, Amerika Serikat menyadari bahwa tidak ada satu pun negara atau kelompok negara yang dapat mengatasi atau mendukung rezim non-proliferasi nuklir sendirian. Hanya kerjasama internasional yang saat ini diyakini dapat mewujudkan rezim non-proliferasi nuklir. Kerjasama internasional dimaksud memiliki tiga pilar utama, yakni melaksanakan pelucutan senjata nuklir, mencegah kepemilikan senjata nuklir oleh lebih banyak negara, dan menggalakkan penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai di bawah perlindungan internasional. Perlu ditambahkan pula tujuan penting lainnya, yaitu pencegahan terhadap potensi terorisme nuklir. Seluruh pihak berpotensi menjadi korban terorisme nuklir, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam kaitan itu, Amerika Serikat juga berpendapat bahwa Indonesia merupakan salah satu aktor terpenting di kawasan Asia untuk dilibatkan secara aktif dalam program non-proliferasi nuklir. Bagi Amerika Serikat, pengalaman yang mengesankan dalam berbagai forum multilateral seperti ASEAN, Non-Proliferation Treaty (NPT), Dewan Keamanan PBB, serta anggota G-20 menjadikan Indonesia sebagai salah satu aset berharga dalam pemecahan masalah nuklir di dunia. Indonesia dinilai sangat konsisten dalam menentang penggunaan nuklir untuk tujuan non damai.

Kehadiran Duta Besar Susan F. Burk merupakan salah satu upaya Pusdiklat Deplu dalam meningkatkan kapasitas pelatihan diplomatik guna penguatan sumber daya manusia di Departemen Luar Negeri RI.

Waahh….kayaknya Indonesia Kita makin mantap aja nih…..

OzePlanet

Sumber: Departemen Luar Negeri RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: