KBRI Kuala Lumpur Edarkan 10.000 Eksemplar Kamus Indonesia-Malaysia


kamusSebanyak 10.000 eksemplar Kamus Saku Indonesia-Malaysia dengan tebal 25 halaman diterbitkan oleh KBRI Kuala Lumpur pada 2 November 2009. Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang memiliki hubungan yang telah terjalin sejak lama. Kedua negara dikenal sebagai negara serumpun karena memiliki berbagai kesamaan akar budaya, sejarah kerajaan, agama bahkan keturunan yang sama. Kesamaan tersebut menyebabkan warga Indonesia merasa tidak asing lagi berada di Malaysia. Namun demikian, ditengah kesamaan tersebut terdapat berbagai perbedaan pula. Salah satunya adalah bahasa.

Walaupun memiliki akar bahasa yang sama yaitu Melayu, bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia memiliki perbedaan. Sebuah kata dalam bahasa Indonesia bisa memiliki arti yang sangat berbeda dalam bahasa Malaysia, dan apabila tidak dimengerti, dapat menimbulkan perbedaan pemahaman ataupun miskomunikasi. Sebagai contoh kata ‘jemput’ dalam bahasa Indonesia, tidak memiliki arti yang sama dalam bahasa Malaysia. ‘Jemput’ dalam bahasa Malaysia berarti ‘undang’. Contoh-contoh lainnya adalah kata ‘kereta’ dalam bahasa Malaysia berarti ‘mobil’ dan ‘belanja’ dalam bahasa Malaysia berarti ‘mentraktir’.
Kamus saku Bahasa Malaysia – Indonesia – Inggris ini, bertujuan untuk dapat menjembatani perbedaan arti bahasa ini, sehingga miskomunikasi dapat terhindar. Sejauh ini belum ada penerbit resmi yang menerbitkan kamus Bahasa Malaysia – Indonesia – Inggris, untuk itu diharapkan kamus ini dapat menjadi langkah awal menambah khazanah kamus-kamus yang telah ada.
Pada cetakan pertama yang berisi 4.700 entri ini KBRI Kuala Lumpur telah mencetak sebanyak 10.000 eksemplar untuk dibagikan gratis kepada masyarakat Indonesia di Malaysia. Adapun pembiayaan untuk pencetakan kamus ini ditanggung seluruhnya oleh sponsor dari perusahaan lokal sehingga KBRI Kuala Lumpur sama sekali tidak mengeluarkan biaya.
Wah kamusnya mantap!!  Buat orang Indonesia ataupun orang Malaysia yang suka saling berkunjung jadi tidak susah lagi dalam berkomunikasi.
OzePlanet
Sumber: KBRI Kuala Lumpur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: