China Akui Peran Penting Indonesia di Asia dan Dunia


PPC RI-ChinaDirektur Jenderal Policy Planning Department Kemlu RRC,  Le Yu Cheng,  mengakui peranan penting Indonesia di kawasan Asia dan dunia khususnya di G-20 antara lain dalam mendorong peranan negara berkembang di forum tersebut. Sebagai perwakilan negara berkembang di G-20, Indonesia dan China dapat memainkan peranan yang lebih besar agar dapat sejajar dengan perwakilan negara – negara maju yang tergabung dalam G-8, khususnya mengingat kedua negara telah mencatat pertumbuhan ekonomi yang positif ditengah krisis ekonomi global. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Delegasi China pada pertemuan Policy Planning Consultation (PPC) Indonesia-China pada 3 November 2009.

 

Duta Besar Artauli R.M.P. Tobing, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Deplu memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan PPC Indonesia-China tersebut, dengan didampingi oleh Kepala Pusat P2K2 Aspasaf, Kepala Pusat P2K2 Amerop, Kepala Pusat P3K OI dan sejumlah pejabat unit operasional yang mewakili Dit. Asia Timur dan Pasifik, Dit. Kerjasama Intra Kawasan Aspasaf, Dit. Mitra Wicara dan Antar Kawasan ASEAN, Dit. Kerja Sama Politik dan Keamanan ASEAN, Dit. Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, serta Dit. Pembangunan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan PPC tersebut, telah dibahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, antara lain mengenai perkembangan arsitektur kawasan Asia Pasifik, krisis ekonomi global, perubahan iklim, terorisme dan demokrasi. Delegasi kedua negara juga bertukar pandangan mengenai kebijakan luar negeri Indonesia dan China dalam menyikapi situasi internasional yang berkembang demikian pesat dan semakin kompleks.

Kepada Delegasi China, Kepala BPPK Deplu menyampaikan kebijakan luar negeri Indonesia yang tetap konsisten dengan prinsip bebas aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagaimana diamanatkan dalam Pembukan Undang – Undang Dasar 1945, serta “all directions foreign policy” dimana Indonesia dapat mempunyai “a million friends and zero enemy”. Indonesia akan bekerja-sama dengan siapapun untuk membangun tatanan dunia yang damai, adil, demokratis dan sejahtera.

Diakhir pertemuan Ketua Delegasi Indonesia dan China menegaskan pentingnya peningkatan kerjasama antara BPPK Deplu dan Policy Planning Department Kemlu RRC, khususnya melalui forum PPC. Sebelum pertemuan PPC, Delegasi RRC berkesempatan melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) kepada Sekretaris Jenderal Deplu. PPC RI-RRC ini sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2005 di Beijing China.

Satu lagi tentang Indonesia….. Jangan menyerah di hadapan dunia, dan tetap terus berkarya…..

Sallutteee…….

OzePlanet

Sumber: Departemen Luar Negeri RI (Deplu)

2 Tanggapan

  1. nice info neh sebenernya orang indonesia tuh pinter pinter cuma masalahnya kepinteranya selalu disalahgunakan

    salam
    http://rukzolanganz.wordpress.com/

    • Ya ada betulnya juga sih… Tapi yang satu ini baru the best_nya Indonesia kan?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: